Kamis, 16 Juli 2015

Deep Conditioning Treatment Untuk Rambut Rusak dan Kering

Hey! Di post kali ini aku akan membahas DEEP CONDITIONING TREATMENT untuk rambut kering dan rusak.

Kondisi rambutku sekarang yang sehat dan bouncy
Kalau kalian sering pake catokan, curling iron, sering di cat, dan aktifitas merusak rambut lainnya, treatment mudah ini harus dilakukan untuk mengembalikan dan merawat kembali rambut yang rusak itu. Personally, aku ngebiasain lakuin treatment ini 1-2 kali seminggu karena aku lg getol-getolnya ngerawat rambut keritingku ini. Untuk 6-8 minggu sekali, aku ngelakuin "protein treatment". 
Deep conditioning adalah proses dimana kita memberikan dan memberikan asupan nutrisi buat rambut sehingga tidak kering dan mengkilap serta sehat. Gampangnya kalo kalian bingung, yah seperti pakai hair mask sih...hahaha. Kerasa kok pasti pertama kali mencoba treatment ini. 

Mari membahas step by step deep conditioning!



PRE-WASH - Sebelum Mencuci 
Hot Oil treatment: Campuran Minyak Kelapa& Extra Virgin Olive Oil. Banyaknya disesuaikan kebutuhan rambut. Oleskan ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut, serta pijat selama 10menit dan diamkan selama 30menit-1jam.


Minyak Kelapa yang dibikin sendiri tapi hampir habis

Pure Olive Oil
Aku bungkus kepala pake kantong kresek! Kenapa? Panas tubuh akan kita bisa membuka cuticle rambut dan meresap nutrisi dari minyak tersebut.
Biasanya aku ngelakuin ini sembari workout, jadi kepalaku bisa makin panas. Lol sekalian aja deh panasin makanan di kepala, gausah pake microwave.


Kantong Kresek asal nemu


Selfie with kresek wrapped around my head during workout

Cleansing - Cuci
Shampoo : Bodyshop The Rainforest Moisture Shampoo atau Natur
Conditioner - Bilasan Santan atau Conditioner Qiara

Deep Conditioning! 
Masker Rambut yang aku pakai : Hair Butter The Rainforest Moisture atau Masker Minyak Kelapa yang aku smpt di Thailand liburan kemarin.


Rainforest Moisture Hair Butter

Coconut Oil Hair Treatment 
Apply ke SEMUA bagian rambut dan diamkan selama 30 menit atau lebih! 
Jangan lupa dipakein kresek lagi, biar makin ngeresep masker rambutnya! 

Kalau kalian gak punya hair mask, pakai aja conditioner with no silicone dan tambahkan beberapa drop minyak kelapa, zaitun, almond, atau apapun yang jadi preference kamu!

Oya, deep conditioning ini sebenernya bisa pakai apapun kok! DIY recipe dengan bahan-bahan yang gampang ditemukan di rumah seperti pisang, alpukat, mayonaise, telur, madu, dab sebagainya! Nanti aku akan bahas di post "DIY HAIR MASK" 

Kalau proses diatas udah dilakukan, then we're done with the treatment! :D
Abis itu tinggal ikutin step kayak rutinitas yang udah aku post: Kalau belum baca, bisa di klik link ini : http://graciaindriani.blogspot.com/2015/07/cara-merawat-dan-menata-rambut-keriting.html

Kalau jenis rambut kalian kering, keriting, ga keritingpun tapi rusak banget, harus rajin yah ngelakuin deep conditioning treatment. Emang sih malas banget pasti pada awalnya, tapi kalo dibiasain bisa kok. Toh saya aja yang pemalas banget, yang ibaratnya kalau napas itu bukan proses langsung dari otak kita, pasti aku udah mati dari kapan tau karena terlalu malas.....
Kalau rutin pasti lebih keliatan lagi resultsnya, alus, shiny, dan sehat! Bahkan rambut aku makin keluar keritingnya krn rajin treatment ini hihihihi.


Perbandingan Rambut

3 bulan lalu vs. sekarang


-3 bulan lalu pertama kali keluar keriting-
tekstur rambut masih tidak jelas dan barely keriting akibat heat damage akibat penggunaan catokan terlalu sering

-sekarang-
tekstur rambut asliku yaitu keriting udah jelas keliatan bgt! rambutku juga shiny dan sehat setelah rajin dirawat, terutama deep conditioning. ternyata rambutku tipe 2c-3a. hihihi


You can see in this video how healthy, bouncy, and shiny my hair has become! :)


Thats all guys for today!

I hope you learned something from this post! :D