Minggu, 05 Juli 2015

Cara Merawat Rambut Keriting | Curly Hair Routine 2015

Halo semuanya! Di post ini aku bakal ngejelasin cara aku menata dan merawat rambut keriting asliku setiap habis dibilas.
Aku baru 3 bulan ini belajar mencintai rambut natural keritingku yang tadinya aku kira cuman "frizzy, tebal, jelek, dan hancur" karena aku ga ngerti menatanya, dan di rumah cuman aku yang punya rambut keriting (I got this hair from my mama, tapi rambut dia ombak ikal cantik).
Oh iya, dari kecilpun aku udah kenal smoothing dan catokan dan apapun yang bikin rambutku rusak. Pokoknya next post aku janji bakal ceritain ke kalian semua tentang "My Curly Hair Journey" :D

Now back to the topic!
Aku akan bahas secara lengkap dan jelas tahapan-tahapan aku menata dan merawat rambut keritingku. This post is going to be very-very long....hahaha

Step 1:
Aku 'co-wash' rambutku sebelumnya dengan kondisioner Bilasan Santan dari Mustika Ratu.


Akupun sudah "menyisir" rambutku yang 'jempet dan nyangkut-nyangkut' ini dengan jemari ketika membilas rambutku di kamar mandi.

Buat kalian yang belum tau, 'co-wash' adalah 'conditioning-wash', dimana kita cuma membilas rambut dengan kondisioner bebas kandungan silikon.

Bagi kalian yang berambut keriting atau wavy asli, rambut kita tidak perlu dikeramasi menggunakan shampoo setiap hari. Kenapa? Hampir semua shampoo memiliki kandungan sulfat, yang tentunya sangat "kasar" terhadap rambut kita yang memang lebih kering dari tekstur rambut lainnya.
Kandungan sulfat bisa dibilang sekasar sabun detergen, dan thats a big NO buat rambut kita yang udah terlahir kering ini. Kenapa rambut kita lebih kering daripada tekstur lainnya? Jawabannya adalah kulit kepala kita memproduksi minyak alami "Sebum". Jika pada tekstur rambut lurus atau sedikit ikal, minyak ini akan turun ke setiap helai rambut sehingga membuat rambut tersebut berminyak dan lepek. Sedangkan untuk rambut keriting, minyak tersebut jelas menjadi keuntungan bagi rambut kita yang kering ini. Itu alasan kenapa kita juga tidak perlu sering mencuci rambut kita.
Kalaupun aku ingin mencuci rambutku, aku bakal pakai shampoo sulfate-free (Merk Natur atau Shampoo dari The Bodyshop)

Step 2:
Setelah aku co-wash, aku mengeringkan rambut dengan kaus, bukan dengan handuk. Mengeringkannya pun dengan cara di 'scrunch', atau dengan gerakan 'meremas' rambut kita, bukan digesek-gesekan.

Kalau kalian yang keriting sudah baca blog ini, tolong langsung lakukan ya! Handuk memiliki tekstur yang kasar, sehingga gesekan tersebut malah membuat rambut kita frizzy bukan main. (no, thanks!) Sehingga kaus/tshirt lah menjadi pilihan gampang kita untuk menggantikan peran handuk untuk rambut kita.
Kalian juga bisa membeli 'Microfiber Towel', untuk rambut keriting kita. Tapi aku tidak yakin handuk ini sudah masuk di Indonesia, hahahaha.

Step 3:
Setelah rambut 50% kering, aku pakai leave in nourishing treatment dari Macadamia Oil dan aku distribusikan produknya secara merata keseluruh bagian rambut.


Produk ini bisa ditemukan di watsons. Harganya emang agak mahal, tapi kegunaanya itu loh, bagus buat rambut keriting. Satu peraturan rambut keriting adalah kita HARUS selalu pakai leave-in setelah keramas untuk menutrisi rambut kita yang dasarnya kering. Ibaratnya seperti menggunakan lotion tubuh, dan udah menjadi keharusan.
Kalau kalian emang kepepet belum mempunyai produk leave in, kalian bisa menggunakan kondisioner tanpa silicone kok untuk menggantikan peran leave-in treatment tersebut :D

Step 4:
Kalau udah pakai leave in tersebut, aku apply sedikit aloe vera gel untuk menggantikan peran gel rambut yang biasanya membuat rambut menjadi keras. Aku pilih lidah buaya sebagai gel karena kegunaannya yang sangat bervariasi, antara lain mencegah rambut keriting tidak frizzy dan bentuk keriting tetap indah dan "bouncy". Aku akan bahas kegunaan Aloe Vera di blog berikutnya ya! :D
Atau kalian juga bisa baca di : http://www.naturallycurly.com/curlreading/ingredients/the-science-of-aloe-vera-gel/

Step 5: 
Time to plop the hair! Kalian bisa lihat gambar dibawah ini! Gunakan kaus kebesaran dan biarkan selama 15-20 menit ya!



Aku kalau sedang keramas malam hari dan rambut masih basah padahal udah ngantuk, aku biarin rambutku terbungkus tshirt. Pagi hari, biasanya aku terkaget-kaget karena keritingnya bagus bukan main dan ga frizzy loh! :D

Step 6:
Keringkan rambut dengan diangin-anginin! Setiap 10 menit sekali, aku 'scrunch' rambutku biar makin keriwil dan keriting serta bervolume.

Kalau bisa jangan pakai styling tool apapun yang rusak rambut kita! Tapi kalau kepepet, kita bisa pakai corong diffuser + hair dryer biar keritingnya makin bouncy.

Step 7:
Kalau sudah kering 90-100%, aku pakai minyak rambut favoritku seperti minyak kelapa atau yang lagi jadi favoritku itu healing oil dari macadamia oil :D
Peran dari minyak adalah untuk mengunci moisture yang sebelumnya kita udah apply dari rambut sehingga rambut kita penuh nutrisi dan ga gersang seharian.
Minyak favoritku!


Thats all guys!
Memang dibanding tekstur rambut lainnya perawatan rambut kita lebih ribet, tapi kata siapa punya rambut keriting itu jelek? Punya rambut keriting itu tuh berkat, dan tentunya paling ga ngebosenin :p
Dan tujuan aku bikin blog ini adalah untuk mengajarkan kalian yang belum ngerti dan benci rambut keritingnya, supaya mencintai rambut kita yang unik ini! being curly is fun! B)
Next post aku bakal terus membahas rambut keriting :D

The Finished Result!


Oh iyaa, kalian bisa tonton videoku dibawah ini ya supaya semakin jelas! Jangan lupa subscribe dan like videoku yaa :D




11 komentar:

  1. Meriell Jade9 Juli 2015 08.34

    Thanks so much! Helps a lot :) looking forward to your next post

    BalasHapus
  2. Blog kamu ngebantu banget say !
    Aku lagi berjuang nunggu rambut keriting aku tumbuh panjang *korban smoothing* LOL
    Semoga rambut aku bisa sesehat kamu ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih yah sudah baca! yayy seneng bisa bantu :D semangat yahhh! aku juga rambutnya rusak banget kok waktu itu, tapi yah aku coba sabar tetep rawat dan akirnya bisa sehat lagiii hihi. goodluck to you! xx

      Hapus
  3. Hai gracia.. nanya donk aloe vera gel up & up beli dimana ya? Ato ada alternatif lain untuk aloe veranya.. thank you darl

    BalasHapus
  4. Hai.. salam kenal..saya jg kriting lih.. tapi gak seperti ikal kamu y cantik.. ikal sya gak jelas bntuknya dan mengembang. Aq gak prnh smoothing/rebonding krn liat adek aku y rempong bgt prawatannya. Dan aku cuek aja sama rambut aku, plg cuma sesekali iseng ke salon utk creambath, n pke gaya andalan rambut di iket sanggul (up do) krn ke kntor wajib rapi. Akhir2 ini ntah knapa pngn robah/ make over penampilan rambut tapi tanpa rebonding.. mknya jd sering googling ttg rambut kriting.eh ketemu blog ini.. dmn ya beli macadamia oil sama oil2 y lain y kamu pke?? Soalnya aq baru potong pendek rambut aq jd agak susah klu pke leave in condi.. sering kena kulit kepala, jdnya agak ketombean. Udh 3mggu ni pke co wash minyak zaitun, tapi ya itu wajib dibilas sama shampoo bayi lg, krn baunya susah hlg.

    BalasHapus
  5. Waaaaaa curlnya cakep banget, bener2 shiny dan curly banget ^^
    Dulu rambutku curly di bagian bawahnya. Tapi sejak dibleach berkali2 sampe level 10 jadi lurus dan kering. Jadi sekarang aku lagi no-poo karena keringnya yang parah itu. Kayaknya aku juga bakal nyoba co-wash. Thanks for sharing your hair care routine :D

    Ngomong2, bukannya bilasan santan mustika ratu masih mengandung silikon ya? Cyclopentasiloxane? Jenis silikon yang kurang ramah lingkungan dan bisa build-up di rambut, walaupun build-up nya ga secepet silikon jenis lain
    (https://www.ewg.org/skindeep/ingredient/701741/CYCLOPENTASILOXANE/)
    (http://www.naturallycurly.com/curlreading/products-ingredients/10-silicones-in-curly-hair-products-to-avoid/)

    Denger2 katanya sih conditioner natur gak mengandung silikon, tapi aku belum pernah teliti liat ingredientsnya. Kalo emang bener no-silicone kayaknya aku bakal co-wash pake ini :D

    BalasHapus
  6. Hari ini baru cek, ternyata condi natur juga mengandung silicone. Hiks :'(

    BalasHapus
  7. Itu rambutnya disisir gak? Soalnya kan rambut keriting kalo disisir jadi ngembang gituu..

    BalasHapus
  8. membantu sekali gan thanks
    http://obattipes.xyz/

    BalasHapus
  9. How funny i am karna sblm ke blog ini ngeyutub dulu dan liat channel lo trs searching ttg wavy hair ketemu lo lg dan baru nyadar pas ada tulisan2 'macadamia oil' yg slalu lo omongin 😂😂😂

    BalasHapus